ANALISIS PENGARUH FAKTOR KEMUDAHAN DAN MANFAAT TERHADAP PENERIMAAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI DATA POKOK PENDIDIKAN DASAR (Studi Kasus : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kampar)

Abstract

Sistem Informasi Data Pokok Pendidikan Dasar (Dapodikdas) merupakan sistem informasi pengolahan data pendidikan dasar yang digunakan oleh setiap operator sekolah pendidikan dasar.Dalam penggunaan sistem informasi Dapodikdas ini masih ada pengguna yang belum mengetahui kemudahan dan manfaat yang ada pada sistem. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor kemudahan dan manfaat terhadap penerimaan pengguna Sistem Informasi Dapodikdas dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini menggunakan tiga variabel yang dimodifikasi, yaitu Perceived Ease of Use (PEOU) dan Perceived Usefulness (PU) sebagai variabel independen sedangkan Acceptance of IT sebagai variabel dependen. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 85 orang operator. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan pengguna terhadap penerapan Sistem Informasi Dapodikdas sebesar 33,5 % dipengaruhi oleh faktor kemudahan (perceived ease of use) dan manfaat (perceived usefulness) dengan hubungannya tergolong cukup berarti sebesar 59,3% . Hal ini dapat membuktikan bahwa apabila nilai dari faktor kemudahan dan manfaat meningkat, maka penerimaan pengguna terhadap teknologi informasi / sistem informasi akan meningkat.