Optimasi Pemasaran Produk Susu pada PT. Indomarco Adi Prima Pekanbaru Menggunakan Metode Simpleks
Abstract
Pemasaran produk susu yang dilakukan oleh PT. Indomarco Adi Prima Pekanbaru, mengalami kesulitan dalam keterbatasan produk susu. Oleh karena itu untuk bersaing dengan perusahaan lain, perusahaan harus meningkatkan pemasaran produk susu sehingga akan mendapatkan keuntungan yang optimal. Perusahaan membutuhkan pendekatan matematika yang dapat memberikan keuntungan yang maksimum dengan keterbatasan yang ada. Perkiraan jumlah produk yang harus dipasarkan setiap minggunya didapatkan dengan menggunakan metode simpleks yang diselesaikan dengan software QM for windows. Berdasarkan hasil yang diperoleh, perusahaan harus memasarkan produk susu indomilk dengan rasa coklat sejumlah 10 pack, indomilk rasa strawberry sejumlah 14 pack, indomilk rasa vanilla sejumlah 7 pack, kental manis rasa coklat sejumlah 10 pack, kental manis rasa putih sejumlah 2 pack, susu enak rasa coklat sejumlah 23 pack, susu enak rasa putih sejumlah 7 pack, indomilk cair rasa vanilla sejumlah 19 pack, indomilk cair rasa choco sejumlah 18 pack, indomilk cair rasa strawberry sejumlah 8 pack, susu tiga sapi rasa coklat sejumlah 17 pack, susu tiga sapi rasa putih sejumlah 11 pack, sehingga diperoleh keuntungan maksimal sebesar 269.721.400,- perminggu.