Strategi Peningkatan Daya Saing dan Pengembangan Usaha Kerupuk Ikan Tuna Hj. Zainah dengan Analytic Network Process

Abstract

Usaha kerupuk ikan tuna merupakan salah satu industri kecil dari UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) tentang kerupuk yang didirikan oleh Hj. Zainah. Industri ini masih berskala rumah tangga dan kecil. Usaha kerupuk ikan tuna Hj. Zainah masih tergolong baru dan masih dalam proses pengembangan. Permasalahan yang ada meliputi muncul usaha kerupuk yang sudah mapan dan berkembang pesat. Selain itu terdapat juga usaha kerupuk yang sejenis namun dengan harga yang lebih murah. Permasalahan tersebut menimbulkan persaingan diantara sesama usaha kerupuk. Setiap usaha kerupuk akan terus berinovasi dan mengeluarkan keunggulan dari masing-masing produknya. Hal ini membuat suatu usaha memerlukan strategi untuk bisa berdaya saing dan melakukan proses pengembangan usaha. Pada penelitian ini bertujuan menentukan strategi dalam peningkatan daya saing dan pengembangan usaha kerupuk ikan tuna Hj. Zainah. Metode yang digunakan adalah Analytic Network Process. Metode Analytic Network Proces digunakan untuk mencari strategi yang menjadi prioritas dalam peningkatan daya saing dan pengembangan usaha. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat tiga strategi terbaik yang dapat digunakan oleh Usaha kerupuk ikan tuna Hj. Zainah yaitu efisiensi biaya, membangun kerja sama (mitra) dengan pemerintah, dan pelaksaanaan promosi (offline dan online) mengenai produk.