IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MTsN 1 KOTA SAWAHLUNTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui bentuk-bentuk implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI di MTsN 1 Kota Sawahlunto, untuk mengetahui proses implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI di MTsN 1 Kota Sawahlunto, dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran PAI di MTsN 1 Kota Sawahlunto. Penelitian ini penelitian (Case Study) yaitu penelitian yang dilakukan terfokus pada suatu kasus tertentu untuk diamati dan dianalisis secara cermat sampai tuntas. Informan dalam penelitian ini  adalah kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru PAI. Alat pengumpulan data adalah peneliti sebagai key instrument dan instrumen pendukung adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, catatan lapangan, dan alat perekam. Teknik analisis data menggunakan model dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran PAI dimulai dari perencanaan yang tersusun secara sistematis, kemudian pengembangan diri. Sedangkan proses implementasi pendidikan karakter berlanggsung dalam di sekolah dan diluar. Kendala yang dihadapi dalam penerapan pendidikan karakter di MTsN 1 Kota Sawahlunto adalah kurangnya perhatian guru, peran orang tua serta pergaulan.