PENGEMBANGAN MODUL AKIDAH AKHLAK BERBASIS KOMIK KELAS V SEMESTER I DI MI THAWALIB PADANG PANJANG

Abstract

Penelitian ini diawali dengan studi pendahuluan bahwa pembalajaran Akidah Akhlak di MI Thawalib Padang Panjang masih bersifat teacher center, pembelajaran kurang menarik dan keterbatasan bahan ajar dalam pembelajaran sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran Akidah Akhlak pada materi kalimat Tayyibah dan Asmaul Husna. Hal ini akan berpengaruh kepada ketercapaian tujuan pembelajaran dengan maksimal serta hasil belajara yang meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis komik pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi kalimat Tayyibah dan Asmaul Husna yang valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan tahapan model 4-D  yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran Modul Pembelajaran divalidasi oleh 3 orang validator. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dihasilkan modul berbasis komik pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada materi kalimat Tayyibah dan Asmaul Husna. Hasil validasi modul pembelajaran berbasis komik yang dinilai oleh 3 (tiga) orang validator, rata-rata hasil validasi secara keseluruhan adalah   adalah 84,2% di kategorikan sangat valid.