Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak melalui Permainan Kartu Angka Pada Anak Kelompok B Di Tk Dharmawanita Pasar Usang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan kartu angka pada anak kelompok B1 TK Dharmawanita Pasar Usang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya dilakukan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 yang berjumlah 24 orang anak. Objek penelitian adalah kemampuan berhitung. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berhitung anak melalui permainan kartu angka. Hasil observasi pra tindakan menunjukkan bahwa anak yang berkriteria berkembang sesuai harapan hanya 7 orang atau 30%. Pada siklus I meningkat menjadi 12 orang atau 50%. Dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 18 orang atau 75%. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak adalah guru mempersiapkan media yang menarik berupa kartu angka. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui permainan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak pada kelompok B TK Dharmawanita Pasar Usang.