MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWADALAM PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS X SMK NEGERI 2 MAUMERE

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas X SMK Negeri 2 Maumere. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan menggunakan jenis data kualitatif dengan penganalisaan data secara kuantitatif. melalui langkah-langkah pengumpulan, pengolahan, penganalisaan, dan penyajian data dengan jumlah subjek penelitian 20 siswa. Adapun pelaksanaannya yakni mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang melalui empat tahap yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus pertama dengan memperoleh nilai rata-rata aktivitas siswa 80 dengan kriteria cukup dan ada peningkatan pada siklus kedua dengan perolehan nilai rata-rata aktivitas siswa 88 dengan kriteria baik, sehingga model pembelajaran kooperatif tipe STAD dinyatakan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn.