Penggunaan Metode Non Directive Dengan Menggunakan Peta Untuk Meningkatkan Kegiatan Dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Aktivitas belajar siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Cilengsi Bogor dalam penerapan Metode Non Directive dengan menggunakan media peta. (2) hasil belajar siswa kelas VII-1 IPS dalam penerapan Metode Non Directive dengan menggunakan media peta. Subjek dalam penelitan ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Cilengsi Bogor yang berjumlah 38 orang. teknik pengumpulan data dengan menggunakan komunikasi langsung dan tidak langsung. alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar obdervasi dan tes. tes yang digunakan sesuai dengan tujuan kurikulum yang dicapai dan diambil dari buku pelajaran IPS kelas VII-1 SMP Negeri 1 Cilengsi Bogor. untuk mengumpulkan data penelitian menggunakan LKS dan pos tes. penelitian ini dilakukan dengan dengan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. setiap siklus mempunyai tahapan- tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan belajar siswa dengan ketuntasan siswa mencapai 35,18% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 46,22%. dari hasil penelitian dapat dilihat juga peningkatan kemampuan belajar siswa dengan LKS pada siklus II menjadi 94,44%. dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Non Directive dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa pada siswa SMP Negeri 1 Cilengsi Bogor Tahun Ajaran 2010/2011. Kata Kunci: Hasil Belajar, Non Directive, Peta