Efektivitas Penggunaan Jari Tangan dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Bhayangkari 1 Padang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan jari tangan dalam mengembangkan motorik halus anak di TK Bhayangkari 1 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen atau penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan menggunakan jari tangan. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata nilai yang diperoleh dari kelas eksperimen yang menggunakan jari tangan lebih tinggi (83,33) dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional (73,77). Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan motorik halus anak. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan menggunakan jari tangan sangat efektif dalam mengembangkan motorik halus anak di TK Bhayangkari 1 Padang.