PERANAN GURU YANG TELAH DISERTIFIKASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 011 SUKAJADI PEKANBARU

Abstract

Peran guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran menjadi penting karena salah satu unsur dalam mengembangkan atau tercapainya tujuan pendidikan nasional adalah kemampuan guru dalam memberikan pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah Pelaksanaan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional dan kompetensi sosial oleh guru-guru yang sudah disertifikasi dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SD Negeri 011 Sukajadi Pekanbaru. Untuk memperoleh pemahaman tentang persoalan tersebut maka maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa guru-guru yang sudah disertifikasi di SDN 011 Sukajadi Pekanbaru telah menerapkan kompetensi pedagogik dapat lihat pada silabus, RPP, metode yang dipakai dan evaluasi pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Kompetensi kepribadian dapat dilihat dari sikap dan kebribadian guru-guru yang telah disertifikasi dalam menegakkan kedisiplinan, arif, berwibawa. Kompetensi professional dapat dilihat dari peningkatan nilai hasil belajara siswa dari tahun ketahun mengalami peningkatan dan kompetensi sosial dapat dilihat dari hubungan antara guru-guru yang sudah disertifikasi dengan murid, guru yang belum disertifikasi, kepala sekolah, pegawai tata usaha dan penjaga sekolah terjalin dengan baik dan harmonis.