PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP BERBASIS INTERNET MELALUI PELATIHAN GOOGLE FORM PADA GURU MADRASAH ALIYAH
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyusun instrumen penilaian sikap berbasis internet melalui pelatihan google form pada guru Madrasah Aliyah kabupaten Bojonegoro tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan sekolah dengan subjek penelitian sebanyak 27 orang dari 9 madrasah binaan. Jenis data penelitian berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang diperoleh dari hasil angket respon guru, lembar observasi, supervisi akademik dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan skor hasil pengamatan sebesar 13,33%, sehingga meningkat dari predikat menyenangkan menjadi sangat menyenangkan. Terjadi peningkatan respon guru sebesar 25,93%. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan google form siklus kedua lebih menarik sehingga meningkatkan antusias guru. Terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menyusun instrumen penilaian sikap berbasis internet dengan menggunakan google form. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil supervisi akademik sebesar 25,93%, yaitu guru yang mendapatkan predikat minimal BAIK meningkat menjadi 100% guru mendapatkan predikat minimal BAIK. The purpose of this study was to determine the increase in the ability to develop internet-based attitude assessment instruments through google form training for Madrasah Aliyah teachers in Bojonegoro district for the 2019/2020 school year. This study used a school action research design with 27 research subjects from 9 fostered madrasas. This type of research data is in the form of quantitative data and qualitative data obtained from the results of teacher response questionnaires, observation sheets, academic supervision and documentation. Based on the research results, there was an increase in the observed score of 13.33%, so that it increased from the predicate of fun to being very pleasant. There was an increase in teacher responses by 25.93%. This shows that the second cycle of google form training is more attractive, thereby increasing teacher enthusiasm. There is an increase in the ability of teachers in developing internet-based attitude assessment instruments using google form. This is evident from the increase in the results of academic supervision by 25.93%, that is, teachers who get a minimum predicate of GOOD increase to 100% of teachers who get a minimum predicate of GOOD.