PENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKS ULASAN FILM/DRAMA MELALUI MODEL KOPERATIF TIPETAI (TEAM ASSSISTED INDIVIDUALIZATION)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 14 Banjarbaru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Koperatif tipe TAI (Team Asssisted Individualization). Subjek dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa dengan instrumen yang digunakan adalah test hasil belajar berupa soal pilihan berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi hasil belajar. Perolehan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada prasiklus dengan rata-rata 71.41. Pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Koperatif tipeTAI mengalami peningkatan 6.66%   menjadi 81.09. Nilai rata-rata di siklus II meningkat 5.39 % dengan rata-rata nilai siklus I ke siklus II menjadi 84,37.The problem in this study is the low learning outcomes of class VIII B students of SMP Negeri 14 Banjarbaru in learning Indonesian. This study aims to describe the improvement of student learning outcomes by applying the cooperative learning model type TAI (Team Assisted Individualization). The subjects in this study were 32 students with the instrument used was a test of learning outcomes in the form of multiple choice questions. The results showed an increase in learning achievement. The average value of student learning outcomes in pre-cycle with an average of 71.41. In the first cycle by applying the cooperative learning model type TAI, an increase of 6.66% became 81.09. The average value in cycle II increased by 5.39% with the average value from cycle I to cycle II being 84.37.PENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKS ULASAN FILM/DRAMA MELALUI  MODEL KOPERATIF TIPETAI (TEAM ASSSISTED INDIVIDUALIZATION)