UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PPPKN MELALUI PENDEKATAN APRESIASI SISWA KELAS VIII

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan pendekatan apresiasi dalam meningkatkan motivasi belajar PPKn pada peserta didik. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 36 siswa dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 36 peserta didik yang mengikuti, rata-rata daya serap mencapai 76,32 % dengan ketuntasan belajar 86,84 %. Demikian pula hasil observasi kolaborator menggunakan lembar pengamatan diperoleh hasil   89,47%  peserta didik telah melakukan kegiatan apresiasi karya seni dengan baik dan benar. Hanya sebagian kecil peserta didik (10,53 %) yang belum sesuai harapan. This study aims to determine the application of the appreciation approach in increasing the learning motivation of PPKn in students. This type of research is a classroom action research with 36 students as research subjects with the data collection techniques of observation, interviews, questionnaires, and tests. The results of this study indicate that of the 36 students who participated, the average absorption capacity reached 76.32% with 86.84% completeness of learning. Likewise, the results of collaborator observations using observation sheets showed that 89.47% of students had done art appreciation activities properly and correctly. Only a small proportion of students (10.53%) have not met expectations.