DAMPAK VARIASI GAYA MENGAJAR GURU PAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SIPAHUTAR KECAMATAN SIPAHUTAR KABUPATEN TAPANULI UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Dampak Variasi Gaya Mengajar Guru PAK Terhadap Motivasi Belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sipahutar Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Pembelajaran 2018/2019. Dengan hipotesa penelitian terdapat Dampak yang positif dan signifikan Variasi Gaya Mengajar Guru PAK Terhadap Motivasi Belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sipahutar Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah 159 siswa dan sampel 40 siswa. Instrument penelitian berupa angket tertutup Uji coba angket dilakukan kepada 30 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sipahutar diluar sampel penelitian. Uji validitas instrument menggunakan rumus koefisien korelasi Product Moment person diperoleh rhitung>rtabel antara nilai 0,387- 0,704>0,361 sehingg instrumen valid. Dan uji reliabilitas instrument dengan rumus formula Alpha diperoleh r11=0,826 untuk variabel X dan r11=0,826 untuk variabel X dan r11=0,895 untuk variabel Y dan ini berada pada interpretasi sangat kuat, sehingga instrument reliabel, dengan demikian angket dapat digunakan sebagai instrumen penelitian. Maka dapat disimpulkan bahwa Dampak variabel X (Variasi Gaya Mengajar Guru PAK) terhadap variabel Y (motivasi belajar siswa), Uji signifikan pengaruh dengan rumus: F=S2 /S2 diperoleh f >f sebesar 31,46>1,80 maka hipotesa diterima yaitu terdapat motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sipahutar Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara Pembelajaran 2018/2019.Kata Kunci: Variasi Gaya Mengajar, Motivasi Belajar Siswa