PERSEPSI SISWA KELAS X TENTANG KREATIVITAS MENGAJAR GURU PAK DALAM MENGGUNAKAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DI SMA NEGERI 1 SIBORONG-BORONG KABUPATEN TAPUT TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Siswa Kelas X Tentang Kreativitas mengajar guru PAK Dalam Menggunakan IPTEK di SMA Negeri 1 Siborong-borong Kabupaten Taput Tahun Pembelajaran 2018/2019, dengan hipotesa> 70 % dari yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas X yang berjumlah 163 orang dan sampel diambil 30 % sehingga sampel berjumlah 49 orang. Instrument penelitian berupa angket tertutup. Uji coba dilakukan dengan menggunakan teknik sample random kepada 30 siswa kelas X di luar sampel penelitian. Uji validitas instrumen dengan menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson diperoleh r hitung > r tabel (0,05.30) yaitu berada diantara 0,424 s/d 0,728 > 0,361 dengan demikian instrumen dikategorikan valid. Dan uji reliabilitas instrument dengan rumus Formula Alpha diperoleh r 11 = 0.930 berada pada kategori sangat tinggi, dengan demikian instrument reliabel. Dari hasil analisis data diperoleh nilai Persepsi Siswa Kelas X Tentang Kreativitas mengajar guru PAK Dalam Menggunakan IPTEK di SMA Negeri 1 Siborong-borong = 77.01 % berada pada kategori baik, artinya siswa sudah memahami dengan baik Kreativitas mengajar guru PAK Dalam Menggunakan IPTEK. Hasil analisis indikator berada pada kategori baik, setiap item angket menunjukkan bahwa hasil persepsinya pada umumnya sudah berada pada kategori baik dan sangat baik. Berdasarkan uji t diperoleh t hitung dengan t tabel = 5,651 > t tabel = 1,684, maka disimpulkan bahwa Persepsi Siswa Kelas X Tentang Kreativitas mengajar guru PAK Dalam Menggunakan IPTEK di SMA Negeri 1 Siborong-borong > 70 % diterima kebenarannya.Kata Kunci: Kreativitas mengajar guru PAK Dalam Menggunakan IPTEK