PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PERPUSTAKAAN DAN PENGETAHUAN TENTANG TEORI MUSIK DENGAN BERMAIN ALAT MUSIK ORGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dan pengetahuan tentang teori musik dengan bermain alat musik organ mahasiswa jurusan pendidikan musik gerejawi di IAKN Tarutung. Sampel penelitian ini berjumlah 55 orang. Teknik analis data digunakan adalah uji kuesioner serta study kepustakaan. Uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, uji analisis regresi, linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji t uji f dan uji koevisien determian R2 . Berdasarkan hasil diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Hasil Belajar Teori Musik = 4,165 + 0,250 (X1) + 0,010 (X2) + E. Nilai Adjusted R Square diperoleh sebesar 0,430 atau sebesar 43%, berarti 43% pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, sisanya 57% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil penelitian diperoleh bahwa secara stimulan pemanfaatan sumber belajar perpustakaan berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar, pengetahuan teori musik berpengaruh positif signifikan. Menunjukkan variabel pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dan pengetahuan teori musik mempengaruhi sebanyak 43% terhadap hasil belajar teori musik.Kata kunci: Sumber belajar, bermain alat musik organ.