KORELASI KESEJAHTERAAN GURU DENGAN MOTIVASI KERJA DALAM PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 POLLUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi kesejahteraan guru dengan motivasi kerja di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pollung. Hipotesis penelitian adalah: ”terdapat korelasi signifikan antara kesejahteraan guru dengan motivasi kerja dalam pelaksanaan proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Pollung Tahun pembelajaran 2017/2018.”  Populasi penelitian adalah keseluruhan guru di SMA Negeri 1 Pollung yang berjumlah 36 orang. Sampel penelitian adalah seluruh jumlah populasi yaitu 36 orang. Instrumen penelitian berupa angket. Uji coba angket dilakukan kepada 10 orang guru di SMA Negeri 1 Doloksanggul yang tidak menjadi sampel penelitian dan diperoleh: a) Uji validitas instrumen dengan menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson diperoleh rhitung> rtabel(0,05,10) = (antara 0,857 sampai dengan 0,992) > 0,632 sehingga instrumen valid, b) uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Formula Alpha Cronbach diperoleh r11=0,992 nilai ini berada pada kategori tinggi, sehingga instrumen reliabel. Data penelitian dianalisa dengan langkah sebagai berikut: 1) Uji korelasi diketahui bahwa rhitung > rtabel atau 0,510 > 0,329. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara kesejahteraan guru dengan motivasi kerja dalam pelaksanaan proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Pollung, 2) Uji hipotesa  diperoleh thitung > ttabel(/2,n-2) yaitu: 3,41>2,042, maka hipotesa penelitian diterima yaitu terdapat korelasi yang signifikan antara kesejahteraan guru dengan motivasi kerja dalam pelaksanaan proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Pollung Tahun pembelajaran 2017/2018.Kata Kunci: Kesejahteraan Guru, Motivasi Kerja dalam Pelaksanaan Proses Pembelajaran