Literasi Media Internet pada Perempuan: Kajian Pemanfaatan dan Pengetahuan Media Sosial di Kalangan Perempuan Organisasi Aisyah Sumatera Utara

Abstract

Perkembangan media internet membawa dampak bagi masyarakat khususnya perempuan, terutama menyangkut kelimpahan informasi yang membawa konsekuensi bagi masyarakatkhususnya perempuan. Konsekuensi ini berkaitan dengan penggunaan yang kurang bijaksana. Studi ini bertujuan untukmengetahui pola pemanfaatan dan penggunaan internet khususnya media sosial di kalangan perempuan komunitas Aisyiyah di Medan, Pematang Siantar dan Sibolga. Penelitian ini menggunakan disain kualitatif dengan metode wawancara mendalam dan FGD (focus group discussion). Hasil penelitian menunjukkan media sosial yang paling banyak dimanfaatkan adalah Facebook dan whatsapp. Pengurus/anggota yang berusia muda ( 20 – 40 tahun) lebih banyak serta lebh sering memanfaatkan internet dan media sosial daripada pengurus/anggota yang berusia tua (50–60 tahun).Pengetahuan tentang internet khususnya media sosial cukup baik, baik di kalangan pengurus/anggota yang berusia muda maupun pengurus/anggota yang berusia lebih tua. Artinya mereka mengetahui bahwa internet khususnya media sosial mempunyai pengaruh baik dan pengaruh buruk pada diri sesorang. Diperlukan adanya pemberdayaan Literasi media internet yang tepat untuk komunitas perempuan Aisyiyah Muhammadiyah dengan melakukan diskusi dan pelatihan.