PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengembangan kemampuan berpikir kritis peserta didik di tingkat pendidikan dasar belum tertangani secara sistematis. Peserta didik belum sepenuhnya mampu menganalisis pertanyaan- pertanyaan yang diberikan, belum mampu dalam menjawab pertanyaan, dan membuat kesimpulan dari pembelajaran yang telah diajarkan. Akibatnya peserta didik hanya mampu mengingat apa yang dipelajarinya dan tidak mengetahui bagaimana pengetahuan itu dapat diaplikasikan. Diantara solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan keterampilan berfikir kritis peseeta didik sebelum dengan sesudah penelrapan model Project Based Learning (PjBL). Metode penelitian yang digunakan yaitu Pra-Eksperimental. Design penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest posted design. Perlakuan dalam penelitian diberikan kepada peserta didik kelas V untuk materi tema 8 Lingkungan Sahabat Kita. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa rata-rata hasil penilaian postest adalah 79,90 sedangkan hasil rata-rata pretest adalah 72,90. Hasil uji N-gain menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik mencapai 0,389 yaitu pada kriteria sedang.Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dan diperoleh t hitung = 4,659 dan t tabel = 2,093, sehingga t hitung > t tabel (4,659 > 2,131). Ini berarti terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan model Project Based Learning. Dimana keterampilan berfikir kritis peserta didik setelah diterapkan model Project Based Learning lebih tinggi dari sebelum diterapkan model Project Based Learning.