PENGARUH MODELING THE WAY TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS PESERTA DIDIK

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang pahamnya peserta didik dengan penjelasan guru karena bersifat abstrak. Pembelajaran cenderung berpusat pada pendidik, selain itu pendidik kurang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Salah satu cara yang tepat untuk mengatasi masalah  adalah dengan menerapkan Modeling The Way. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan  Modeling The Way di kelas. Jenis penelitian ini adalah Pre-Exsperiment. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest – Posttest Desain, yaitu eksperimen yang dilakukan terhadap satu kelompok saja, tanpa kelompok pembanding. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes objektif sebanyak 20 soal. Teknik pengolahan data hasil belajar SAINS yaitu dengan menghitung efektifitas treatment dengan uji-t. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata skor tes hasil belajar sebelum perlakuan (pretest) adalah 71.2 dan rata-rata skor tes hasil belajar setelah perlakuan (Posttest) adalah 77.  Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dan diperoleh  t hitung = 2.538 dan t tabel = 2,06, sehingga disimpulkan t hitung> t tabel (2.538 > 2,06). Hasil belajar peserta didik antara pretest dan posttest sangat signifikan. Hal ini membuktikan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah menerapkan Modeling The Way pada pembelajaran sains.