PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI KELAS IV SDN 33 GURUN PANJANG KECAMATAN KOTO XI TARUSAN

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran siswa hanya duduk, diam, mendengar, malas bertanya, tidak mau menjawab. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dilakukan PTK dengan menggunakan model kooperatif  STAD. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 22 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa rata-rata nilai ulangan harian siklus I adalah 57,95 dengan persentase ketuntasan belajar 45,45 dan pada siklus II adalah 74,31 dengan persentase ketuntasan belajar 77,27. Dari lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata aktivitas siswa dalam bertanya 18,17%, menjawab pertanyaan 49,99%, dan menjawab kuis secara individual adalah 57,57%. Sedangkan pada siklus II rata-rata persentase aktivitas bertanya 68,18%,  menjawab pertanyaan 77,27%, dan menjawab kuis secara individu adalah 86,35%. Ini berarti pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model STAD berlangsung dengan baik.