PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DI KELAS V SD N 15 BATANG ANAI PADANG PARIAMAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V SD N 15 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman dengan rata-rata 54,73. Kegiatan proses belajar mengajar pendidik masih kurang bervariasi dalam pembelajaran, pembelajaran masih berpusat pada pendidik. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan membaca pemahaman peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode Role Playing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali petemuan dan ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik statistik.Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar peserta didik sangat rendah dengan rata-rata 54,73 karena peserta didik merasa jenuh dalam belajar, dan penggunaan metode yang monoton. Siklus I, aktivitas peserta didik memperoleh rata-rata 69,36 ini disebabkan peserta didik yang masih malu-malu dalam bermain peran. Pada siklus II meningkat menjadi 79,63 hal ini disebabkan karena peserta didik sudah memahami bermain peran dan tidak malu-malu. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar peserta didik. Pada siklus I memperoleh rata-rata 63,68 hal ini sebabkan peserta didik yang belum memahami materi teks percakapan. Pada siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat mencapai 80, hal ini disebabkan peserta didik yang sudah memahami materi teks percakapan dan penggunaan metode Role Playing. Dengan demikian penggunaan metode Role Playing dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD N 15 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.