Pengembangan Keagamaan pada Anak Usia Dini di KB Taam Adinda

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan judul Pengembangan Keagamaan pada Anak Usia Dini di KB TAAM Adinda desa Kepatihan Menganti Gresik yang bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pendidik dalam mengembangkan keagamaan pada anak usia dini di KB Taam Adinda desa Kepatihan Menganti Gresik dan  metode yang digunakan oleh pendidik. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa: Upaya-upaya yang dilakukan oleh pendidik dalam mengembangkan keagamaan pada anak usia dini di KB TAAM Adinda desa Kepatihan Menganti Gresik adalah dengan cara, Pertama memberikan reward (hadiah)  kepada peserta didik karena  telah meraih sebuah prestasi, seperti reward yang diberikan kepada peserta didik yang telah menyelesaikan tilawati dan mampu membaca al-Qur’an dengan baik, peserta didik yang telah menghafal materi (do’a pilihan, hadis pilihan, surat-surat pilihan dan lain-lain). Kedua, memberikan nasehat kepada peserta didik dengan  bahasa  yang  halus,  lembut,  tidak  melukai perasaan, dan senatiasa mendorong untuk melakukan kebaikan. Nasehat ini bertujuan untuk memberitahukan kepada peserta didik secara perlahan tentang apa yang seharusnya mereka lakukan. Ketiga, melakukan kerjasama dan pertemuan dengan wali murid secara rutin sebagai wadah untuk sharing baik dari pihak sekolah mengenai masalah-masalah sekolah kepada wali murid ataupun sebaliknya. Kerjasama ini juga dilakukan dalam mengadakan kegiatan-kegitan keagamaan khususnya dalam memperingati hari besar islam. Metode yang digunakan KB TAAM Adinda dalam mengembangan keagamaan pada anak usia dini antara lain adalah metode bermain, metode cerita, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode demonstrasi, dan metode tanya jawab. Metode ini digunakan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) di KB TAAM Adinda untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman tentang keagamaan khususnya agama Islam.