Penerapan Metode Kisah Dalam Peningkatan Pengamalan Shalat Anak Pada Orangtua Tunggal Di Desa Manegen Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara
Abstract
Dalam pendidikan Islam orangtua mempunyai peranan yang sangat penting dalam membina anaknya yaitu sebagai pendidik dan pembimbing dalam melaksanakan ajaran-ajaran Islam. Salah satu hal yang sangat penting untuk ditanamkan dalam kebiasaan anak adalah pengamalan ibadah Shalat. Skripsi ini membahas penerapan metode kisah dalam peningkatan pengamalan Shalat anak pada orangtua tunggal di Desa Manegen Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara.Metode kisah merupakan cara yang dilakukan untuk menyampaikan materi atau pelajaran melalui cerita kepada anak didik. Metode yang dilakukan dengan bercerita adalah mengungkapkan peristiwa yang mengandung nilai pendidikan moral, rohani dan sosial untuk anak didik baik cerita yang bersifat kebaikan, maupun kezaliman, atau juga ketimpangan jasmani-rohani, material-spritual yang dapat melumpuhkan semangat manusia.Penelitian ini dibahas melalui studi lapangn dengan penelitian riset aksi partisipatori yang terdiri dari tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak-anak usia 6-12 tahun dalam keluarga orangtua tunggal yang berjumlah 6 orang anak. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi mendengarkan kisah dan observasi membaca kisah serta dokumentasi berupa catatan pengamalan Shalat anak yang disajikan dalam bentuk data kualitatif.Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil bahwa pengamalan Shalat anak mengalami peningkatan meskipun pengamalan Shalat perminggu perkelompok masih jauh dari jumlah ideal. Jumlah pengamalan Shalat anak yang ideal perminggu dan perorang adalah 35. Sedangkan jumlah ideal pengamalan Shalat anak perminggu perkelompok adalah 210.