KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif tentang Kompetensi Guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMP N 2 Aer Joman.Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik keabsahan data diambil dari teknik triangulasi data. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMP N 2 Aer Joman dengan jumlah sebanyak 4 orang. Hasil penelitian menggambarkan guru Pendidikan Kewarganegaraan tidak begitu memperhatikan pemahaman, keterbatasan media pembelajaran hanya menggunakan media pembelajaran seadanya, metode yang sering  digunakan oleh  guru Pendidikan Kewarganegaraan adalah metode ceramah, dan pengembangan siswa yang dilaksanakan oleh guru pendidikan Kewarganegaraanadalah remedial dan ekstra kulikuler, sedangkan bimbingan konseling tidak terlaksana