HUBUNGAN KEADAAN EKONOMI ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs N 2 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 64 kelas yang terdiri dari 129 siswa dengan jumlah sampel 32 orang yang diambil 25% dari jumlah populasi. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan Tes. Angket bertujuan untuk memperoleh gambaran ekonomi orangtua siswa dan prestasi belajar siswa. Sebelum instrumen digunakan terlebih dahulu tes diuji cobakan untuk melihat tingkat validitas dan reabilitas intrumen. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment, koefisien determinasi, uji signifikan dan uji tingkat pencapaian. Setelah dilakukan perhitungan terhadap data untuk melihat hubungan variabel X dengan variabel Y diperoleh r hitung sebesar 0,097, sehingga diperoleh ada hubungan keadaan ekonomi orangtua dengan prestasi belajar siswa kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan, tetapi dengan tingkat hubungan sangat rendah sebesar 0,9 %. Hal ini terbukti dari koefisien korelasi yang diperoleh sebesar rxy= 0,097 sedangkan rtabel= 0,029 pada taraf signifikan 5% Pada keadaan ekonomi orangtua tergolong baik yakni dengan persentase 61% yang berada pada interval 57 % - 61 %. Prestasi belajar tergolong sangat baik dengan nilai rata rata 84,5 yang berada pada interval 85-87. Dengan demikian diperoleh thitung< ttabel, yaitu 0,097 < 1,697, dapat disimpulkan ada hubungan antara variabel X dengan variabel Y tetapi dengan tingkat hubungan yang sangat rendah. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini ditolak, yaitu tidak ada hubungan yang signifikan antara keadaan ekonomi orangtua dengan prestasi belajar siswa kelas VIII DI MTs N 2Padangsidimpuan