PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division(STAD) terhadap hasil belajar pokok bahasan meneladani ketaatan malaikat-malaikat Allah Swt kelas VII di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah kuantitatif melalui tes sebagai pengumpulan data dimana bentuk tes berupa pilihan berganda sebanyak 20 butir soal yang sudah valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat bahwa pokok bahasan meneladani ketaatan malaikat-malaikat Allah Swt kelas VII-8 di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen dari 61.5 menjadi 83.46. Dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung>ttabel yaitu 5.7> 1.677 dengan taraf signifikan 0,05.