MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE SISWA KELAS V SD PUDUN JAE PADA MATERI KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA INDONESIA
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan ciri khas yaitu dilaksanakan dengan menggunakan siklus-siklus yang merupakan suatu pemecahan menuju praktek pembelajaran yang lebih baik. Tiap pelaksanaan siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SD Pudun Jae. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah Subjek Penelitian sebanyak 30 orang siswa yang berasal dari siswa kelas V SD Pudun Jae. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan.Setelah pelaksanaan pre test diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu ada 6 siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan presentasi 30 % dan 24 orang siswa tidak tuntas dengan presentasi 70% dengan nilai rata-rata 47. Perolehan hasil siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Scramble diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 20 orang siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan presentasi 88% dan tidak tuntas sebanyak 3 dengan presentasi 12% dengan nilai rata-rata 70. Perolehan hasil siklus I ditindaklanjuti pada siklus II dengan menggunakan model pembelajaran scramble diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebanyak 23 orang siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan presentasi 100% dengan nilai rata-rata 84.Dengan demikian maka dapat disimpulkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Scrambel dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Pudun Jae pada pelajaran IPS dalam materi Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia