HUBUNGAN ANTARA LEVELS OF INQUIRI (LOI) DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA

Abstract

Proses pembelajaran IPA diidentikkan seperti cara para ilmuwan memperoleh teori atau konsep yang dikenal dengan metode ilmiah. Salah satu pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran IPA adalah Levels of Inquiry. Artikel ini merupakan studi analisis literatur yang mendeskripsikan tentang karakteristik Levels of inquiry dalam pembelajaran IPA serta hubungannya dengan keterampilan proses sains. Berdasarkan analisis literatur yang dilakukan, diperoleh hubungan antara pendekatan levels of inquiry dan keterampilan proses sains dalam pembelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena pada tiap tahapan levels of inquiry melatihkan keterampilan proses sains yang berbeda sesuai dengan level atau tingkatannya, mulai dari level terendah yaitu discovery learning yang melatihkan rudimentary skills hingga level tertinggi hypothetical inquiry yang melatihkan advanced skills. Dengan demikian, Levels of Inquiry memiliki hubungan dengan keterampilan proses sains sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran IPA untuk melatihkan dan meningkatkan keterampilan proses sains mulai jenjang pendidikan dasar,menengah hingga jenjang pendidikan tinggi.