PELAYANAN AKSESIBILITAS JALAN UMUM (JALUR PEDESTRIAN) BAGI PENYANDANG DISABILITAS (STUDI KASUS DI KOTA SERANG)
Abstract
Pelayanan publik merupakan bentuk pelayanan yangdiberikan oleh penyelenggara pelayanan dalam hal ini adalahpemerintah Kota Serang Provinsi Banten. Pemerintah harus dapatmendistribusikan pelayanan tersebut secara adildalam upayapemenuhan kebutuhan kepada semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Salah satu jenis pelayanan publik yang berhakmasyarakat peroleh adalah pelayanan aksesibilitas. Penyediaanaksesibilitas salah satunya akses dalam bentuk fisik yaituaksesibilitas jalan umum dengan cara menyediakan jalur pedestrian(trotoar) bagi penyandang disabilitas.Tujuan dari penelitian iniadalah untuk mendeskripsikan dan melakukan analisis bagaimanapelayanan aksesibilitas jalan umum (jalur pendestrian) bagipenyandang disabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian studikasus deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.dengan menggunakan teknis survei literatur akademis di bidangkeilmuan pelayanan publik untuk memperoleh konsep-konsep yangrelevan dengan kajian pelayanan aksesibilitas jalan umum (jalurpedestrian) bagi penyandang disabilitas. Teknik pengumpulan dataini melalui penelusuran berbagai sumber dan literatur, baik berasaldari dokumen pemerintah serta pemberitaan media massaelektronik, jurnal dan berbagai buku yang terkait dengan penelitianini. selain itu peneliti juga menggunakan teknik dokumentasi yangada di lapangan dalam bentuk foto-foto serta dilakukannyapengamatan di lapangan untuk memperkuat data yang ada.Hasilpenelitian ini ditemukan bahwa pelayanan aksesi jalan umum (jalurpedestrian) bagi difabel studi kasus di Kota Serang belum baik.Artinya, aksesibilitas jalur pedestrian tidak ramah terhadap difabelsehingga menyulitkan kaum difabel untuk dapat melakukanmobilitas dengan baik dan mandiri serta kesulitan untukberpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negaralainnya berdasarkan kesamaan hak.