INTEGRASI AL-QURAN, SAINS DAN ILMU SOSIAL SEBAGAI BASIS MODEL PENGEMBANGAN MATERI AJAR IPS DI MADRASAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsepsimodel pengembangan materi ajar IPS di madrasahmelalui pola danpendekatan integratif.Pola Integrasi sebagai sebuah modelpengembangan materi ajar IPS hadir sebagai upaya untukmemberikan sejumlah alternatif yang berorientasi pada pencapaiantujuan yang lebih holistik.Di samping itu model pengembaangandengan model pendekatan ini dilakukan sebagai kerangka dasaruntuk menempatkan identitas madrasah sesuai porsinya, sehinggamata pelajaran IPS di madrasah memiliki corak dan karakteristikberbasis nilai spiritualitas.Titik berangkat dari modelpengembangan integratif ini adalah dimana al-quran dansainsdapat menjadi sumber dari pembentukan elemen-elemen teoretisuntuk menjelaskan realitas, yang memperkuatkajian ilmu sosialsebagai pengembangan materi ajar IPS yang di terapkan dimadrasah. Selain itu pendekatan ini juga mendorongpengembangan ilmu-ilmu ke-Islam-an yang di dilakukan denganmemperkuat dimensi empiris.