UPAYA MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS MENGGUNAKAN MODEL SETS (SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY SOSIETY) DALAM PEMBELAJARAN KONSEP DASAR IPA

Abstract

ABSTRAKLiterasi sains merupakan upaya menggunakan ilmu pengetahuan tentang sains,mengidentifikasi pertanyaan, menarik kesimpulan dan mengembangkanpemahaman tidak hanya dalam konsep tetapi juga dari aplikasi nyata yang ditemuidalam kehidupan sehari-hari.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatankemampuan literasi sains mahasiswa PGSD KIP Universitas Kuningan Dalampembelajaran konsep dasar IPADua kelas digunakan dalam penelitian ini. Kelas 1 D dengan jumlah 37 siswamenggunakan metode pembelajaran SETS dan kelas 1 E dengan jumlah 36 anakmenggunakan metode konvensional.Hasil analisis data menunjukkan bahwa menunjukkan perbandingan skor rata-ratapeningkatan kemampuan literasi sain mahasiswa, bahwa skor tes awalmahamahasiswa kelas 1 D metode sets sebesar 50.92 dari skor ideal, sedangkanskor tes awal hasiswa kelas 1 E metode konvensional adalah 50.49 dari skor ideal.Hal ini menunjukkan skor rata-rata tes awal tidak terdapat perbedaan yang begitunyata. Untuk skor tes akhir kelas 1D metode sets 78.49 dari skor ideal sedangkanskor tes akhir kelas 1 E metode konvensional sebesar 68.32 dari skor ideal,sedangkan untuk N Gain peningkatan kemampuan literasi kelas 1 D metode sets0.56 dari kenaikan ideal dan untuk kelas 1 E metode konvensional 0.36 darikenaikan ideal, rata-rata N Gain kelas 1 D metode sets termasuk kategori sedangdan kelas 1E metode konvensional termasuk kategori sedang, hal inimenggambarkan bahwa peningkatan kemampuan literasi mahasiswa setelahmengikuti pembelajaran metode sets maupun metode konvensional secara umummeningkat, tetapi jika dilihat dari angka peningkatannya bahwa mahasiswa kelasmetode sets mengalami peningkatan perkembagan kemampuan literasi sains yanglebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran metode konvensionalKata Kunci Literasi Sains, Model Pembelajaran SETS