MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING MELALUI PENGGUNAAN METODE SRUKTUR ANALITIK SINTETIK (SAS) DI KELAS I SDN 3 MANISKIDUL KECAMATAN JALAKSANA KABUPATEN KUNINGAN
Abstract
Berdasarkan pengalaman penulis di lapangan, kegagalan dalam belajar rata-rata dihadapi oleh sejumlah siswa yang tidak memiliki dorongan belajar.Untuk itu dibutuhkan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru dengan upaya membangkitkan motivasi belajar siswa, misalnya dengan membimbing siswa untuk terlibat langsung dalam kegiatan yang melibatkan siswa serta guru yang berperan sebagai pembimbing untuk menemukan konsep keterampilan membaca nyaring. Penelitian ini bertujuan untuk: (a) mengetahui penggunaan metode SAS dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas I SDN 3 Maniskidul ; (b) mengetahui peningkatan keterampilan membaca nyaring siswa kelas I SDN 3 Maniskidul ; (c) mengetahui penggunaan metode SAS dapat meningkatkan proses belajar mengajar Bahasa Indonesia siswa kelas I SDN 3 Maniskidul .Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas I SDN 3 MANISKIDUL Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan.Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (65,22%) dan siklus II (91,30%).Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Struktur Analitik Sintetik (SAS) dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SDN 3 MANISKIDUL Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran membaca.