UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN GURU

Abstract

Keberhasilan dalam proses belajar mengajar oleh seorang guru tidak bisa dipisahkan dengan kemampuan guru itu sendiri dalam mendesain pembelajaran. Realitas di lapangan masih banyak hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru, dalam pelaksanaan proses belajar mengajar tersebut, disamping sarana prasanana, juga tidak kalah pentingnya kesulitan yang dialami guru itu sendiri untuk merancang pembelajaran. Salah satu solusinya adalah dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanankan proses belajar mengajar melalui pendidikan dan pelatihan guru di SDN Tegalsari II Kabupaten Majalengka. Penelitian ini bertitik tolak dari asumsi bahwa bila semakin baik kemampuan guru dalam proses belajar mengajar, maka akan semakin baik pula hasil yang didapatkan yaitu hasil belajar( siswa). Dan apabila kemampuan guru rendah dalam mengolah pembelajaran, maka akan rendah pula hasil belajar siswa.Penelitian ini bersifat empirik dan dilakukan dengan metoda deskriptif dengan menggunakan analis data bersifat kualitatif, dengan pendekatan secara persentase, dan alat pengumpul datanya observasi, wawancara, angket dan studi dekumentasi.Dari hasil penelitian ini, setelah dilakukan pendidikan dan pelatihan guru, kemampuan guru meningkat dari hasil prhitungan persentasenya adalah 77,7%, menurut Sugiyono (2005: 40) kisaran persentase antara 70% - 100% adalah kategori baik. Hal ini menunjukan bahwa pendidikan dan pelatihan guru mampu meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanankan proses belajar mengajar di SDN tegalsari II. Bagi peneliti lain, penelitian ini generalisasinya hanya pada guru SDN Tegalsari II Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka, bagi subjek penelitian yang lain, hasilnya mungkin berbeda.Kata Kunci; Kemampuan Guru, Pendidikan dan Latihan