Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Bahasa Inggris di SMAN 3 Mataram

Abstract

Beberapa siswa mengalami permasalahan dalam melakukan kegiatan menulis meskipun hanya  menulis satu paragraf. Sehingga diperlukan satu media untuk memudahkan siswa dalam mengatasi permasalahannya. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis cerita pendek siswa dengan menggunakan pembelajaran media gambar di SMAN 3 Mataram. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian campuran yaitu kualitatif dan deskriptif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 (tiga) siklus. Dari hasil tindakanan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 27 %  pada Siklus I, dapat meningkat pada Siklus II menjadi 50% dan Siklus III mencapai 100%, dan secara klasikal telah mencapai ketuntasan.