The Use of Small Group Discussion in Teaching Reading Comprehension at SMAN 2 Mataram

Abstract

Penelitian ini berhubungan dengan penggunaan small group discussion dalam pengajaranpemahaman membaca pada SMAN 2 Mataram khususnya kelas dua. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagipendidikan dan pengembangan materi mengenai informasi tentang peranan dari penggunaan metode smallgroup discussion untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pemahaman membaca, sebagai cara untukmenyelesaikan permasalahan siswa dalam pemahaman membaca dan untuk meningkatkan pengetahuan guruguru.Untuk mendapatkan data yang diperlukan, penelitian ini menggunakan penelitian kuasi eksperimentalagar mendapatkan data dan menganalisanya; dan sampel dari penelitian berjumlah 48 siswa. Sampel diambilsecara acak dari empat kelas yang mana menjadi populasi penelitian. Data yang dikumpulkan melalui pre-test,dan post-test. Dari hasil t-hitung (2.169) lebih tinggi dari t-tabel (1.679). Dengan demikian, penggunaan smallgroup discussion efektif dalam pengajaran pemahaman membaca pada kelas dua SMAN 2 Mataram.