EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENDA PADA SISWA TUNA NETRA

Abstract

Tuna netra merupakan gangguan yang terjadi pada daya penglihatan seseorang, berupa kebutaan secara menyeluruh maupun sebagian, sehingga menyebabkan tidak berfungsinya daya lihat. Kesulitan mengenal benda pada siswa tunanetra disebabkan karena kurangnya media yang digunakan dalam proses pembelajaran, media yang digunakan harus sesuai dengan kekurangan yang dialami oleh siswa yaitu tidak dapat melihat benda akan tetapi membutuhkan media yang bisa disentuh langsung oleh siswa. Oleh karena itu dibutuhkan media yang dapat menunjang proses pembelajaran yang dalam hal ini yaitu media tiga dimensi. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu Apakah ada Efektifitas Penggunaan Media Tiga Dimensi Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Benda Siswa Tuna Netra. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui Efektifitas Penggunaan Media Tiga Dimensi Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Benda Siswa Tuna Netra. Adapun jenis penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah metode tes dan Metode analisis data menggunakan analisis t-test. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan yaitu sebelum menggunakan media tiga dimensi dari 23 siswa yang terdapat dari 3 kelas hanya 10 siswa yang tuntas dan masing-masing kelas terdapat 3-4 siswa yang tuntas setelah penggunaan media tiga dimensi dalam proses pembelajaran ketuntasan belajar siswa semakin meningkat dari 23 siswa yang terdapat di 3 kelas yang berbeda 19 siswa dinyatakan tuntas dengan rata-rata perkelas 7-8 siswa hal ini membuktikan adanya peningkatan yang sangat signifikan.