PERAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPA) DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN BAGI PESERTA DIDIK

Abstract

Taman Pendidikan al-Qur'an adalah lembaga pendidikan dan pengajaran Islam luar sekolah atau dapat disebut juga sebagai pendidikan non formal untuk anak-anak usia SD (usia 7-12 tahun), yang mendidik santri agar mampu membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid sebagai target pokoknya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran taman pendidikan Al-Qur’an dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an peserta didik di Dusun Keling Desa Kalijaga Tengah. (2) Untuk mengetahiu kendala-kendala yang dihadapi taman pendidikan Al-Qur’an dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an peserta didik di Dusun Keling Desa Kalijaga Tengah. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pedekatan deskriptif kualitatif, Peneliti menjadi instrumen. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif karena permasalahan yang dibahas tidak berkenaan dengan angka-angka, tetapi mendiskripsikan, menguraikan dan menggambarkan tentang peran taman pendidikan Al-Qur’an dalam mengembangkan keterampilan membaca Al-Qur’an peserta didik di Dusun Keling Desa Kalijaga Tengah Kecamatan Aikmel Tahun 2014. Dari hasil penelitian ini dapat menjelaskan bahwa peran taman pendidikan Al-Qur’an Raudatul Iman Dusun Keling cukup baik, hal ini dapat dilihat dari hasil pembelajaran dan evaluasi yang dilakukan oleh pendidik terhadap peserta didiknya yang menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik sudah bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan tartil. Adapun kendala-kendala yang dihadapi TPA dalam mengajarkan baca Al-Qur’an yakni peserta didik banyak yang tidak masuk jika ada kegiatan/acara yang ada di masyarakat, fisilitas yang masih kurang memadai hal ini menenyebabkan proses pembelajaran kurang maksimal, dan kurangnya tenaga pendidik.