PENGAMBILAN KEPUTUSAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH DI MTS NW NURUL IHSAN TILAWAH

Abstract

Pengambilan keputusan partisipatif yang oleh kepala sekolah sangat mempengaruhi peningkatan  kinerja guru dan tata usaha khsusnya di MTs NW Nurul Ihsan Tilawah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisa pengambilan keputusan partisipatif kepalasekolah. Pengambilan keputusan partisipatif yang terkait dengan empat teknik pengambilan keputusan yakni 1) Sumbang saran (Brainstorming), 2) Teknik kelompok nominal, (The nominal group techniquel NGT), 3) Teknik delphi, 4) Kelommpok mutu (Quality circles). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini mengungkap bahwa pengelolaan sekolah harus diiringi dengan pengambilan keputusan yang tepat, sehingga setiap kebijakan yang diambil oleh kepala sekolah merupakan keputusan bersama dalam menciptakan demokratisasi sekolah. pengambilan keputusan partisipatif kepala sekolah di MTs NW Nurul Ihsan Tilawah sudah dilaksanakan dan terimplementasi dengan baik, hal ini terlihat dari program dan sistem kerja yang terbangun antar kepala sekolah dengan gur, antar kepala sekolah dengan tata usaha dan antar kepala sekolah dengan seluruh warga belajar. Kepala sekolah memberikan partisipasi penuh dalam menymbangkan ide gagasan serta pemanfaat sumberdaya warga sekolah dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan yang ada.