PENGETAHUAN PERATURAN KEBAHASAAAN DALAM MEMENGARUHI SIKAP BAHASA PEDAGANG MAKANAN DI KOTA METRO (The Influence of Language Regulation Knowledge to the Language Attitude of Culinary Entrepreneur at Kota Metro)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana pengetahuan kebahasaan para pedagang makananyang ada di kota Metro berpengaruh terhadap sikap bahasa mereka. Tujuannya adalah untuk mengetahui (1) bagaimana pengetahuan para pedagang makanan Kota Metro terhadap peraturan perundang-undangan tentang kebahasaan, (2) sikap para pedagang makanan Kota Metro tentang penggunaan bahasa Indonesia dan asing, serta(3) pengaruh pengetahuan peraturan kebahasaan terhadap sikap bahasa para pedagang makanan Kota Metro. Metode yang dipakai adalah metode survei dengan tujuan mendeskripsikan dan menafsirkan hal yang berkenaan keadaan atau kondisi saat ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengetahuan tentang peraturan kebahasaan para pengusaha kuliner Kota Metro sangat rendah. Akan tetapi, sikap bahasa pengusaha kuliner di Kota Metro sangat baik. Adapun pengetahuan pengusaha kuliner di Kota Metro mengenai peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan bahasa dan penggunaan bahasa Indonesia dan asing sangat tidak memengaruhi sikap bahasa mereka.(This study discusses how the knowledge of language regulations influences on culinary entrepreneur attitude in Kota Metro, Lampung Province. The research’s objectives are to reveal (1) how is the knowledge of culinary entrepreneur in Kota Metro towards the language regulations, (2) the culinary entrepreneurs’ attitude towards the use of bahasa Indonesia and foreign language, (3) the influence of knowledge about language regulation on culinary entrepreneur attitude in Kota Metro. The method used is survey method with the aim of describing and interpreting things related to today’s conditios or symptoms. The result of analysis indicates that the culinary entrepreneur’s knowledge of language regulation of the culinary entrepreneurs in Kota Metro is very low. However, the attitude of the language of culinary entrepreneurs in Kota Metro is very good. The knowledge of culinary entrepreneurs in Kota Metro about the laws and regulations related to the language and the use of Indonesian and foreign languages has very little effect on their language attitude.)