Hubungan Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah Dan Kompetensi Guru Terhadap Kemampuan Mengembangkan Pendidikan Karakter Pada Madrasah Aliyah Di Kota Bitung

Abstract

Abstract. The study aims to examine and analyze the relationship between variables visionary leadership of headmaster (X1) to the development of character education (Y) on the madrasah aliyah in Bitung, and relationship variables competency of teachers (X2) towards the development of character education (Y) on the madrasah aliyah in Bitung, and the relationship of these two variables, namely visionary leadership of headmaster (X1) and the competence of teachers (X2) towards the development of character education (Y) on the madrasah aliyah in Bitung. The method used in this research is correlational quantitative method. The research was conducted in three Madrasah Aliyah in Bitung, namely: Madrasah Aliyah Yaspib Bitung, Madrasah Aliyah Arafah Bitung, and Madrasah Aliyah Alkhairat Bitung, with a total sample of 50 teachers. Data was collected by using questionnaires. Conducted research hypothesis testing and regression analysis, the real level of 0.05. The calculation results Simple regression coefficient in this study shows is the constant coefficient values as big as 2,507 variable coefficient free (X1) is equal 1,506, So the regression equation Y=2,507+1,506X,  So from these results we conclude that between variable visionary leadership (X1) with variable character education development (Y) have a strong relationship, because it has a correlation value of 1,506, Mean while, the variable relationship with the teacher's competence development of character education, shows the constant coefficient is equal to 6,351 the coefficient of the independent variable (X2) is approximately 2,555, So the regression equation Y=6,351+2,555X. then the two variables (X2 and Y) have a strong relationship because it has a correlation value of 2,555, whereas, the results obtained from simultaneous test shows that the value Fhitung205,784, with a probability of 0.000, and the value obtained Ftabel of 3.20. Because the Fhitung larger than Ftabel (205,784 > 3,20) and the probability value (0,000) is much smaller than 0,05, then conclude the visionary leadership (X1) and the competence of teachers (X2) together have a strong relationship to the development of character education (Y).Keywords: Visionary Leadership, Teacher Competence and Development of Character Education Abstrak. Penelitian bertujuan untuk menguji dan menganalisis hubungan variabel kepemimpinan visioner kepala madrasah (X1) terhadap pengembangan pendidikan karakter (Y) pada madrasah aliyah di kota Bitung, dan hubungan variabel kompetensi guru (X2) terhadap pengembangan pendidikan karakter (Y) pada madrasah aliyah di kota Bitung, serta hubungan kedua variabel tersebut, yakni kepemimpinan visioner kepala madrasah (X1) dan kompetensi guru (X2) terhadap pengembangan pendidikan karakter (Y) pada madrasah aliyah di kota Bitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan pada tiga Madrasah Aliyah di Kota Bitung, yaitu: Madrasah Aliyah Yaspib Kota Bitung, Madrasah Aliyah Arafah Kota Bitung, dan Madrasah Aliyah Alkhairat Kota Bitung, dengan sampel secara keseluruhan sebanyak 50 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan analisis regresi, pada taraf nyata 0,05. Hasil perhitungan koefisien regresi sederhana dalam penelitian ini memperlihatkan nilai koefisien konstanta adalah sebesar 2,507 koefisien variabel bebas (X1) adalah sebesar 1.506. Sehingga diperoleh persamaan regresi Y= 2,507+1.506X. Maka dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa antara variabel kepemimpinan visioner (X1) dengan variabel pengembangan pendidikan karakter (Y) mempunyai hubungan yang kuat, karena mempunyai nilai korelasi sebesar 1,506. Sementara, hubungan variabel kompetensi guru dengan pengembangan pendidikan karakter, memperlihatkan nilai koefisien konstanta adalah sebesar 6,351 koefisien variabel bebas (X2) adalah sebesar 2,555. Sehingga diperoleh persamaan regresi Y=6,351+2,555X. maka kedua variabel (X2 dan Y) mempunyai hubungan yang kuat  karena mempunyai nilai korelasi sebesar 2,555. sedangkan, hasil yang diperoleh dari uji simultan menunjukkan bahwa nilai Fhitung sebesar 205,784, dengan probabilitas 0,000, dan nilai Ftabel diperoleh sebesar 3,20. Karena nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel  (205,784 > 3,20) dan nilai probabilitas (0,000) jauh lebih kecil dari 0,05, maka disimpulkan kepemimpinan visioner (X1) dan kompetensi guru (X2)  secara bersama-sama memiliki hubungan yang kuat terhadap pengembangan pendidikan karakter (Y).Kata Kunci: Kepemimpinan Visioner, Kompetensi Guru, dan Pengembangan Pendidikan Karakter.