Pengaruh Model Kepemimpinan Kontingensi Least Preferred Coworker Dan Iklim Sekolah Terhadap PeningkatanProduktivitas Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Abstract.This research to test and analyse two important variable influencing work productivity learn the madrasah ibtidaiyah in town Bitung. The variable for example: influence model the leadership of kontingensi LPC (X1) to work productivity teacher (Y) And school climate (X2) to work productivity teacher (Y) and also influence by together among/between model of leadership LPC (X1) and school climate (X2) to work productivity teacher (Y). Method used in this research is quantitative method. This research is executed in madrasah ibtidaiyah in town Bitung, that is: MIN 1 town Bitung, MIS Arafah of town Bitung, MIS Al-Muhtadien of town Bitung, and MIS Al-Muhajirin of town Bitung by sampel as a whole as much 106 teachers. Data collecting done/conducted by using enquette instrument. examination of enquette. Validity seen from validity of konstruk and validity fill through/ passing expert consideration and analyse the correlation pearson, by using program of SPSS for Windows Release 22. For the examination of reliabilitas instrument done/conducted with the analysis alpha-cronbach. Examination of research Hypothesis done/conducted with the simple analysis regresi and analyse the linear regresi duplicate, at real level 0,05, then Test The F, Test the T and koefesien derteminasi. Process the calculation and examination regresi use the SPSS for Windows Release 22. Keyword: Model The Leadership LPC, School Climate, and Work Productivity Teacher Abstrak. Penelitian ini untuk menguji dan menganalisis dua variabel penting yang mempengaruhi produktivitas kerja guru madrasah ibtidaiyah di kota Bitung. Kedua variabel tersebut antara lain: pengaruh modelkepemimpinan kontingensi LPC (X1) terhadap produktivitas kerja guru (Y) dan iklim sekolah (X2) terhadap produktivitas kerja guru (Y) serta pengaruh secara bersama-sama antara model kepemimpinan LPC (X1) dan iklim sekolah (X2) terhadap produktivitas kerja guru (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di madrasah ibtidaiyah di kota Bitung, yaitu: MIN 1 kota Bitung, MIS Arafah kota Bitung, MIS Al-Muhtadien kota Bitung, dan MIS Al-Muhajirin kota Bitung dengan sampel secara keseluruhan sebanyak 106 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket. Pengujian validitas angket dilihat dari validitas konstruk dan validitas isi melalui pertimbangan ahli dan analisis korelasi pearson, dengan menggunakan program SPSS for Windows Release 22. Untuk pengujian reliabilitas instrumen dilakukan dengan analisis alpha-cronbach. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan analisis regresi sederhana dan analisis regresi linier ganda, pada taraf nyata 0,05, lalu Uji F, Uji T dan koefesien derteminasi. Proses perhitungan dan pengujian regresi menggunakan SPSS for Windows Release 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model kepemimpinan LPC berpengaruh terhadap produktivitas kerja guru dan iklim sekolah berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja guru madrasah ibtidaiyah di kota Bitung. Secara bersamaan model kepemimpinan LPC (X1) dan iklim sekolah (X2) berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja guru madrasah ibtidaiyah di kota Bitung (Y).Kata Kunci: Model Kepemimpinan LPC, Iklim Sekolah, dan Produktivitas Kerja Guru