Inovasi Pengembangan Kurikulum Berorientasi Continous Quality Improvement di Lembaga Pendidikan Islam

Abstract

Abstract.,Education always develops with the flow of time. Education must always be up to date to meet the need for education that is relevant to the needs of the times, education developers must do various kinds of efforts, including improvements in the curriculum.Efforts to improve curriculum are a necessity. Education managers cannot turn a blind eye to the flow of globalization, inevitably they have to innovate the curriculum so that it is relevant to the times, flexible and not troublesome, effective to implement, and efficient in time, cost and energy.These efforts can be carried out by applying the concept of Continuous Quality Improvement by adopting the Deming concept, namely PDCA (Plan, Do, Check, Act and Analyze).In the PDCA cycle there is a continuous link, it means that improvements will always occur during quality improvement is still a priority and aspiration with education managers Keyword: Continous Quality Improvement, Innovation, Education Curriculum. Abstrak., Pendidikan selalu berkembang setiap waktu, sehingga diharuskan untuk selalu melakukan pembaruan. Untuk memenuhi kebutuhan sistem pendidikan yang relevan dengan kebutuhan zaman, pengembangan pendidikan harus melakukan berbagai upaya, salah satunya adalah peningkatan kurikulum.Upaya untuk meningkatkan kurikulum adalah suatu keharusan. Pemangku pendidikan tidak dapat menutup diri terhadap arus globalisasi yang mengharuskan adanya inovasi agar relevan dengan perkembangan zaman, pembaruan tersebut meliputi fleksibelitas, mudah dipahami, efektif , efisien baik waktu, biaya dan energi. Upaya ini dapat dilakukan dengan menerapkan konsep Continuous Quality Improvementdengan mengadopsi konsep Deming, yaitu PDCA (Plan, Do, Check, Act and Analyze). Dalam siklus PDCA terdapat hubungan yang berkelanjutan yang menunjukkan bahwa perbaikan akan selalu terjadi selama peningkatan kualitas dijadikan prioritas dan aspirasi oleh pemangku pendidikan.Kata Kunci: Continous Quality Improvement,Inovasi, Kurikulum Pendidikan