PENGARUH TAYANGAN MEDIA ELEKTRONIK TERHADAP PERILAKU MENYIMPANGAN SEORANG ANAK

Abstract

ABSTRAKPada zaman modern ini untuk melakukan komunikasi sudah sangatlah mudah baik berkomunikasi secara langsung ataupun secara tidak langsung. Kita dapat berkomunikasi melalui berbagai media. Menggunakan media cetak seperti majalah, surat kabar dan juga media elektronik seperti televisi, radio, internet dan lainnya. Media massa adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan-pesan dari sumber kepada khalayak (menerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti surat kabar, film, radio, TV (Cangara, 2002). Dari berbagai macam media massa yang ada, media yang paling berpengaruh untuk masyarakat adalah media televisi. Media televisi yang penyampaian pesannya disertai dengan gambar dan suara atau audio-visual, yang dapat mengungkap dan memperjelas maksud dari apa yang sedang ditayangkan sehingga pesan yang disampaikan mudah dipahami oleh pemirsa masyarakat dimanapun berada. tayangan televisi harus diatur karena mempengaruhi sikap dan perilaku khalayak khususnya bagi yang belum memiliki referensi yang kuat, yakni anak-anak dan remaja. Terlebih karena televisi bersifat audio visual sinematografis yang memiliki dampak besar terhadap perilaku khalayaknya seperti pengaruh jarum suntik terhadap manusia. Banyaknya acara yang ditayangkan oleh televisi mulai dari infotainment, entertainment, iklan, sampai pada sinetron-sinetron dan film-film yang berbau kekerasan, televisi telah mampu menarik perhatian para pemirsanya untuk terus menyaksikan acara- acara yang dikemas sedemikian rupa, sehingga membuat para penonton sangat tertarik dengan acara yang disajikan. Tidak heran jikalau banyak anak-anak pada saat ini lebih suka berlama-lama didepan televisi, bahkan untuk makan saja dapat lupa akibat asyiknya menonton televisi.Kata kunci : Tayangan, Media Elektronik, Perilaku Menyimpang