STRATEGI KOMUNIKASI SEKOLAH PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN KAPASITAS PEREMPUAN MISKIN DI WILAYAH KEPULAUAN KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN
Abstract
ABSTRAKSekolah perempuan merupakan program kegiatan pendidikan nonformal yang diperuntukkan bagi perempuan miskin di Pulau Pangkajene dan Kabupaten Kepulauan (Pangkep) untuk meningkatkan pemahaman tentang hak-hak mereka dalam melaksanakan program pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab: 1) faktor penghambat sekolah perempuan dalam peningkatan kapasitas perempuan miskin 2) dan strategi sekolah perempuan dalam peningkatan kapasitas perempuan miskin di nusantara. Hasil metode deskriptif kualitatif ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menghambat sekolah perempuan dalam meningkatkan kapasitas perempuan miskin bersumber dari faktor internal; yang menyangkut pribadi, pendidikan, keluarga dan budaya sedangkan faktor eksternal, antara lain dari kondisi geografis, akses informasi, dan pemerintahan. Kedua faktor tersebut mempengaruhi kehidupan keluarga perempuan miskin di Kepulauan Kepangkep. Strategi komunikasi yang diterapkan oleh sekolah perempuan dalam meningkatkan kapasitas perempuan miskin adalah pengenalan audiens, kompilasi pesan, penentuan metode, penggunaan media, dan peran media. komunikator.Kata kunci, strategi komunikasi, sekolah perempuan, peningkatan kapasitas