ANALISIS EKUITAS MEREK PADA RSIA BRAWIJAYA KEMANG

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan bisnis kesehatan rumah sakit swasta di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana peran dari elemen ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek terhadap keputusan masyarakat dalam memilih menggunakan fasilitas kesehatan “RSIA Brawijaya Kemang”. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam (indept interview) serta dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi sumber data karena data yang telah dikumpulkan berasal dari sumber yang berbeda-beda. Dan hasil penelitian dapat disimpulkan jika Elemen Ekuitas Merek sangat berperan dalam menciptakan branding knowledge produk RSIA Brawijaya Kemang.Hal ini berarti bahwa ekuitas merek dapat memberikan dorongan bagi seseoang untuk melakukan keputusan pembelian atau pemakaian suatu produk tertentu.Kata kunci: Elemen Ekuitas Merek, Kesadaran Merek, Loyalitas Merek