STRATEGI MANAJEMEN RADIO RRI- PRO 2 DALAM MENINGKATKAN MINAT DENGAR MASYARAKAT KECAMATAN MEDAN DENAI DI KOTA MEDAN

Abstract

ABSTRAKKemajuan teknologi yang semakin canggih menghantarkan segala kemudahan bagi anak-anak bangsa.Mengakses informasi untuk kebutuhan sehari-hari semakin mudah dan cepat.Perkembangan teknologi yang semakin tak terkendali menumpulkan daya kreatifitas anak bangsa untuk lebih selektif menerima informasi.Informasi pun dapat diterima bukan hanya lewat komunikasi saja tetapi lewat sebuah media. Radio merupakan media massa paling luas dimuka bumi. Tidak ada sejengkal tanah dan permukaan lautpun yang tidak terjamah oleh signal elektromagnetik yang dipancarkan oleh lebih dari 35.000 stasiun radio diseluruh dunia.Ditinjau dari aspek pendorong, perwujudan kreatifitas amat tergantung kondisi lingkungan media.Kreatifitas yang ingin dibentuk melalui siaran di Programa 2 adalah karakter pribadi anak muda yang berorientasi kepada hasil terbaik dan karya yang orisinil. Ciri-ciri dari pribadi yang kreatif adalah: ingin tahu yang besar, memberi banyak gagasan dan usul terhadap suatu masalah kebangsaan melalui perspektif anak muda, menonjol dalam salah satu bidang seni, daya imajinasi kuat, orientasi kepada keaslian (orisinalitas) yang tampak dalam ungkapan, gagasan, karangan, pemecahan masalah, dapat bekerja sendiri, mengelaborasi (mengembangkan atau memerinci) suatu gagasan dan sebagainya.Strategi siarannya adalah pencampuran antara pelayanan on air dan off-air berbasis remaja.Kata Kunci: Strategi, Radio, Minat