Pedagogical Knowledge: Analisis Kemampuan Pedagogik Guru IPS dalam Merancang Pembelajaran
Abstract
Sejalan dengan prestasi siswa dalam pembelajaran, mengidentifikasi kemampuan pedagogik guru merupakan topik penting dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pedagogic Guru yang difokuskan pada indicator Merancang Pembelajaran, Termasuk memahami landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah 12 Guru IPS SMA Negeri 8 Muaro jambi. Responden dipilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pengumpulan dokumen perangkat pembelajaran dan observasi. Instrumen evaluasi yang digunakan adalah angket penilaian kinerja guru yang diadaptasi dari Direktorat Ketenagaan Dirjen Dikti dan Direktorat Profesi Pendidik Ditjen PMPTK Depdiknas. Hasil Penelitian didapatkan bahwa dari 4 indikator kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran, tiga indicator terlihat menunjukkan guru memiliki pemahaman yang baik, akan tetapi pada indicator menentukan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang akan dicapai dan materi ajar terlihat bahwa kemampuan guru masih dalam kategori sedang.