Sekolah : Kajian Teoretik Perspektif Sosiologi Organisasi

Abstract

Sekolah merupakan salah satu tempat di mana individu menghabiskan waktu yang cukup lama. Sekolah sebagai harapan pembangunan sebuah negara, sehingga sebuah negara dapat berkembang dan semakin maju. Sekolah adalah sarana pengembangan manusia yang berkualitas. Namun demikian pelaksanaan pada tingkat daerah hingga unit sekolah terdapat berbagai permasalahan yang dihadapi dalam mewujudkan tujuan tersebut. Permasalahan tersebut berupa masalah mutu sumber daya manusia pengelola sekolah, mutu sarana dan prasarana, kebijakan yang belum sesuai dengan kondisi sekolah. Permasalahan-permasalahan tersebut harus diselesaikan, sehingga tidak menimbulkan intensitas resiko yang semakin tinggi. Artikel ini berupaya untuk menguraikan secara teoretik kajian sosiologi organisasi dapat digunakan untuk mengurai permasalahan organisasi sekolah. Uraian memuat bagaimana relasi antar manusia, relasi manusia dan kebijakan yang ada, relasi bagaimana manusia memahami, dan sejauh mana memenuhi standar nasional tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur. Menganalisis artikel jurnal terdahulu dalam kerangka pemikiran tokoh-tokoh sosiologis. Dalam kajian sosiologi organisasi individu di dalam sekolah memiliki pemahaman terhadap standar sesuai dengan latar belakang pendidikan dan sosial yang dimilikinya. Aturan juga dilaksanakan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh anggota organisasi sekolah