Kajian Tentang Pemecahan Masalah Pembelajaran Ekonomi Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 4 Karawang

Abstract

Pada pembelajaran abad 21, pemecahan masalah sangat diperlukan untuk menentukan tingkat pemahaman siswa terhadap pelajaran yang diberikan oleh guru. Upaya yang dilakukan pemerintah dalam pengembangan pemecahan masalah ekonomi yaitu dengan adanya perubahan kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013. Tujuan penelitian untuk medeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa Madrasah Aliyah Negeri 4 Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran soal tes terkait tentang pemecahan masalah dengan materi pasar modal. Responden dalam penelitian ini siswa kelas X IPS di Madrasah Aliyah Negeri 4 Karawang yang berjumlah 63 siswa. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa faktor yang paling dominan dalam pemecahan masalah adalah mengidentifikasi masalah yang berada pada persentase 0,89%, kedua memeriksa kembali dengan persentase 0,495, menentukan tujuan 0,32%, melaksanakan strategi 0,29% dan menentukan strategi berada pada tingkat paling rendah yaitu berada pada persentase 0,031%. Dengan hasil tersebut perlu dilakukan lagi pelatihan pemecahan masalah bagi peserta didik, agar tujuan yang diinginkan dapat diperoleh